Minggu, 16 Desember 2012

cara menghilangkan flek hitam di wajah

Flek atau bintik hitam pada wajah sering membuat orang jadi kurang percaya diri, berikut ini Kabari akan berbagi tips untuk menghilangkan bintik hitam yang membandel di sekitar wajah Anda.
  • Ambil sehelai serbet kertas atau tisu yang tidak mudah sobek, tuangkan putih telur ke dalam mangkuk. Celupkan tisu ke dalam mangkuk berisikan putih telur. Tempelkan tisu pada bintik hitam secara merata, tunggu hingga mengering. Setelah mengering basuh wajah Anda dengan menggunakan air hangat hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk lembut. Lakukan setiap 2 kali seminggu
  • Campurkan beras yang sudah ditumbuk dengan bubuk kayu manis, lalu goreng tanpa menggunakan minyak sampai warnanya berubah menjadi kekuningan. Diamkan hingga dingin. Gosokkan pada wajah secara perlahan, fokuskan pada daerah berbintik hitam secara merata. Lakukanlah 2 kali seminggu.
  • Ambil sehelai daun nangka yang agak tua, lumatkan dengan  sedikit air. Sapukan pada wajah yang telah dibersihkan, setelah mengering bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan setiap 2 minggu sekali.
Pilihlah cara yang menurut Anda pas untuk jenis wajah Anda dan tidak merepotkan. Selamat mencoba.

Banyak orang yang bilang bahwa cara alami atau herbal itu lebih aman dan lebih bagus jika dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan yang mengandung senyawa kimia. Baik itu dalam hal pengobatan, ataupun dalam hal kecantikan. Termasuk didalamnya adalah cara mengatasi flek hitam yang selalu muncul di wajah Anda, baik itu karena bekas jerawat, bekas luka, cacar air atau bahkan bisa karena pengaruh kosmetik yang tidak cocok dengan kulit wajah Anda.





Jika Anda ingin menghilangkan flek hitam secara alami, bahan-bahan yang Anda perlukan Adalah;
  • Putih Telur (secukupnya)
  • Madu (secukupnya)
  • Air hangat

Pemakaian:

Ambil Putih Telur dan madu. Campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Untuk pemakaian, sapukan masker putih telur tersebut pada wajah hingga merata dan diamkan selama 10 menit. Setelah kering, basuh wajah anda dengan air hangat dan keringkan dmenggunakan handuk.Lakukan perawatan ini setiap 2 sampai 3 kali dalam seminggu, hingga noda-noda hitam diwajah anda memudar.

Beberapa cara membersihkan noda dan flek hitam di wajah secara alami


Membasmi flek dan noda hitam dan melembutkan kulit dengan kulit jeruk manis (Citrus Sinensis)
Kulit jeruk manis dapat dibuat ramuan untuk membersihkan flek hitam. Caranya: rebus kulit jeruk hingga mendidih lalu sering. Minum ramuan air rebusan kulit jeruk tadi selagi hangat 1x sehari selama 3 bulan. Selain menghilangkan flek hitam, juga mampu untuk melembutkan kulit wajah

Menghilangkan bercak noda hitam di wajah dengan kulit mentimun
Seringkali sinar matahari menyebabkan bercak noda di wajah. Untuk menanggulanginya dapat menggunakan kulit mentimun. Caranya cukup menggosokkan kulit mentimun pada bagian bercak noda diwajah.

Mentimun jugan mengandung silika, yaitu zat kolagen yang dapat mengencangkan kulit. Cukup mengkonsumsi mentimun yang belum dikupas sebagai lalapan agar kulit senantiasa kencang tak kendur.

Menghilangkan bercak noda hitam akibat penuaan usia menggunakan kulit buah pepaya
Selain buahnya berkhasiat untuk melancarkan saluran pencernaan, ternyata kulit pepaya dapat dimanfaatkan untuk memutihkan bercak noda akibat penuaan usia. Caranya: cukup menempelkan kulit buah pepaya yang masih segar pada bagian bercak-bercak karena umur.

Selain itu pula, kulit pepaya tersebut mampu menghambat keriput pada kulit wajah dan juga mampu memutihkan kembali flek hitam karena sinar matahari

Mengencangkan kulit wajah dengan kulit buah persik (Prunus Persica)
Cairan yang terkandung di kulit buah persik dapat membersihkan pori-pori dan mengencangkan kulit sehingga menunda kerutan/keriput di wajah akibat penuaan. Caranya cukup oleskan buah bagian dalam secara perlahan dan pijat secara perlahan pula. Setelah itu basuh dengan air bersih.

Menghilangkan noda akibat cacar air diwajah menggunakan kulit pisang mas
Salah satu penyakit yang meninggalkan noda serius diwajah adalah penyakit cacar air. Untungnya kulit pisang emas bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar air diwajah bahkan menghilangkan bekas jerawat sekalipun. Caranya: gosokkan kulit pisang mas pada muka, biarkan sejenak hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga bekas jerawat atau cacar benar-benar bersih dan putih kembali.

Selamat mencoba dan semoga khasiat dan manfaat semua atau salah satu dari cara diatas mampu menghilangkan bekas noda flek hitam. Terpenting ramuan diatas semuanya adalah alami dan bebas dari efek samping berbahaya. Ingat untuk menghilangkan flek hitam atau memutihkan kulit wajah tidak bisa dilakukan secara cepat dan instan. Semuanya butuh waktu dan proses. Harap menerapkannya secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

6 cara menghilangkan flek hitam

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Paparan sinar matahari, penuaan kulit dan bekas jerawat menimbulkan noda atau flek hitam pada wajah. Berbagai perawatan bisa dilakukan untuk memudarkan bahkan menghilang noda yang mengaganggu tersebut.

Mulai dari cara alami, trik make-up sampai dengan teknik penghilangan flek hitam bisa Anda coba. Berikut ini beberapa rekomendasi cara untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

1. Bahan Alami
Berbagai bahan alami memiliki kandungan pencerah, seperti lemon, pepaya dan susu. Lemon mengandung vitamin C yang dapat memudarkan noda gelap pada wajah. Sedangkan dalam pepaya mengandung enzim papain yang dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan flek hitam.

Lemon dan pepaya bisa dijadikan sebagai jus, yang kemudian dipulaskan pada wajah sebagai masker. Kedua bahan tersebut pun bisa dihaluskan bersamaan.

Bahan lainnya untuk memudarkan noda hitam adalah susu. Kandungan susu dapat melawan flek serta mencerahkan kulit. Berendam atau membasuh wajah dengan susu dikabarkan bisa mengurangi bintik hitam dan meningkatkan warna kulit.

2. Krim Pencerah
Cara lain untuk mengusir flek hitam adalah dengan menggunakan krim yang mengandung bahan pencerah kulit. Namun pastikan sebelum membeli krim pencerah konsultasikan lah kepada dokter kulit, agar disesuaikan dengan kondisi kulit Anda. Ada beberapa kandungan bahan aktif untuk mengurangi melanin yang menimbulkan flek. Bahan yang terbilang aman dan paling banyak digunakan di pasaran adalah hydroquinone. Normalnya, produk pemutih kulit mengandung 2%-4% hydroquinone.

Bahan pemutih lain yang juga banyak digunakan adalah obat-obatan seperti steroid dan asam retinoat, yang berasal dari vitamin A, sebagai bahan aktif. Dan beberapa pencerah kulit menggunakan bahan-bahan alami seperti asam kojic (suatu senyawa yang berasal dari jamur) dan arbutin (senyawa yang ditemukan dalam berbagai tanaman).

Namun, selain bahan-bahan tersebut, ada pula beberapa produk yang rentan, seperti bahan yang bernama merkuri. Bahan aktif tersebut bisa menimbulkan masalah serius pada kulit, bahkan dapat memicu kanker.

3. Mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi adalah teknik mekanik menggunakan alat khusu yang digosokkan ke wajah. Wajah seperti 'diamplas' menggunakan tip (aplikator) yang dilapisi dengan butiran berlian. Fungsi dari mikrodermabrasi dapat menghilangkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati, mengangkat komedo dan meningkatkan kolagen. Hasilnya, kulit menjadi lebih putih, bersinar dan halus.

4. Scrub & Masker
Perawatan di rumah yang bisa Anda lakukan untuk memudarkan flek hitam adalah dengan rajin menscrub dan masker wajah. Lakukanlah dua perawatan ini dua kali seminggu untuk memberikan hasil terbaik. Pilihlah scrub dan masker yang dapat mencerahkan kulit.

5. Pakai Sunblock
Sunblock memang tidak dapat menghilangkan flek hitam, namun fungsinya untuk menghindari flek meluas. Krim sunblock bekerja efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yang memicu timbulnya noda hitam. Pilihlan sunblock dengan kandungan SPF minimal 15.

6. Trik Make-up
Cara lain untuk menyembunyikan flek hitam adalah dengan trik make-up. Foundation dan concealer merupakan dua produk make-up andalan yang dapat menutupi flek hitam. Gunakanlah foundation di seluruh wajah. Kemudian titik-titikanlah concealer di bagian wajah yang bernoda, lalu ratakanlah dengan jari atau brush khusus. Wajah pun jadi lebih halus tanpa noda.

2 komentar:

Komentar